Ketahui Angka Karbon Aktif sebagai Adsorben

Angka karbon aktif memiliki permukaan dengan luasan berkisar dari 300-3500 m2/g. Angka tersebut muncul setelah mendapatkan treatment atau perlakuan dari uap dan panas. Dengan demikian, karbon aktif atau karbon amorf dapat memiliki afinitas yang sangat kuat untuk menyerap zat di sekitarnya.  

Kemampuan angka karbon aktif dalam menyerap tergantung berat karbon aktif. Kemampuan serap berkisar dari 25 hingga 100% dibandingkan berat karbon aktif. Hal ini terkait erat dengan struktur pori internal dari karbon aktif tersebut. Dengan adanya struktur pori internal, maka karbon aktif memiliki sifat adsorben. 

Daya serap karbon aktif sangat kuat sehingga dapat menyerap gas atau senyawa-senyawa kimia tertentu. Namun, sifat adsorbsnya selektif dimana hal ini tergantung pada besar atau volume pori-pori serta luas permukaan.  Karbon aktif memang dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis industri seperti kimia dan obat-obatan bahkan juga untuk makanan dan air. 

Berdasar hasil penelitian selama ini, suhu aktivasi dapat mempengaruhi kualitas karbon aktif yang nantinya akan terbentuk.  Pada uji kualitas karbon aktif selama ini, kualitas karbon aktif terbaik dengan kadar adsorben dapat muncul pada suhu 400 derajat celcius.  Karbon aktif tersebut memiliki kadar air sebesar 14,35 %, dan juga kadar abu 8,5%. 

Untuk daya serap terhadap kadar iod, karbon aktif memiliki sebesar 252,97 mg/g. Angka ini memenuhi standar SNI 06-3730.  Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi suhu aktivasi, maka daya serap karbon aktif juga semakin tinggi.

Karbon aktif dapat diperoleh dari berbagai jenis limbah. Limbah tersebut antara lain adalah kulit pisang, kulit kemiri, bahkan limbah minyak goreng.  Proses pembuatan berawal dengan bahan limbah yang dikarbonisasi sampai terbentuklah arang.

Nantinya, hasil arang akan diaktivasi dengan larutan asam fosfat (H3PO4).  Arang kemiri direndam di dalam larutan tersebut dengan konsentrasi 2,5%. Rendaman dibiarkan hingga 24 jam. Nantinya, disintering dengan variasi suhu mulai 2000 derajat celcius hingga 4000 derajat celcius.

Lalu, karbon aktif dicuci menggunakan aquadest hingga kadar pH netral. Setelah disaring dengan kertas saring, maka sampel yang ada dikeringkan dalam oven selama  satu jam pada suhu 2000 derajat celcius.

Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama