Ini Dia Produk Chemical untuk Tambang Emas

 

Dalam proses penambangan emas, emas tidak bisa ditemukan dengan mudah. Biasanya ketika ditemukan emas masih bercampur dengan mineral lain sehingga dibutuhkan cara pengolahan yang tepat untuk memisahkan emas dengan mineral lainnya. Nah, dalam prosesnya dibutuhkan produk chemical untuk tambang emas. Produk apa sajakah yang dimaksud?

 

Produk Chemical untuk tambang emas

               Dalam proses penambangan baik modern atau tradisional, kita membutuhkan bahan kimia atau produk chemical sebagai pemisah emas dengan mineral lainnya. Berikut beberapa produk chemical untuk tambang emas yang sering digunakan:

1. Merkuri

Merkuri merupakan bahan kimia pertama atau tertua yang digunakan dalam penambangan. Penggunaan merkuri mampu menghasilkan emas hingga 40%. Hasil ini terbilang kecil karena mengingat bahaya merkuri baik bagi kesehatan ataupun untuk lingkungan. Sekarang ini pemakaian merkuri untuk kegiatan penambangan pun telah dibatasi atau bahkan dihentikan.

2. Sianida

Sebagai pengganti merkuri, sianida menjadi salah satu yang disarankan. Produk chemical ini disebut lebih aman bagi para pekerja serta ramah lingkungan. Tak hanya itu, kadar yang dihasilkan juga sangat tinggi yakni 91%.

Dalam metode ini batuan emas akan terlebih dulu digiling, setelah itu dimasukkan dalam wadah yang berisi larutan sianida dan air. Emas yang dihasilkan dari proses tersebut kemudian dimasukkan dalam wadah berisi karbon aktif lalu dibakar hingga mineral lainnya pun bisa terpisah dan tersisa emas murni.

3. Boraks

Ini adalah salah satu bahan kimia yang merupakan campuran dari garam mineral berkonsentrasi tinggi. Boraks sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, namun untuk industri makanan boraks memang memiliki efek negatif. Tapi untuk kegiatan penambangan, boraks menjadi salah satu bahan kimia terbaik yang ramah lingkungan.

Proses pemisahan emas menggunakan boraks dimulai dari dimasukkannya batuan emas menggunakan chrusher, lantas digiling dengan mil selama 4 jam. Hasil dari gilingan lantas disaring lalu dipindahan ke shaking table untuk memisahkan antara emas dengan mineral lainnya. Terakhir untuk menghasilkan logam emas, endapan emas lantas dibakar bersamaan dengan boraks.

4. Asam nitrat

Saat ini pengolahan menggunakan asam nitrat termasuk salah satu yang paling praktis. Asam nitrat mampu melarutkan segala jenis logam selain emas. Nah, emas disini tidak akan larut namun mengendap menjadi lumpur. Bagi tambang skala kecil, asam nitrat sering dijadikan sebagai alternatif karena penggunaannya yang praktis.

Itulah 4 produk chemical untuk tambang emas. Apapun pilihannya, pastikan memilih yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan penambang itu sendiri.

Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama