Beberapa Bahan Baku Karbon Aktif

Karbon aktif merupakan benda padat dengan permukaan berpori. Karbon aktif bisa dihasilkan dari pembakaran bahan berkarbon lewat proses pirolisis. Pori-pori dari karbon aktif biasanya masiha da yang tertutup oleh tar, hidrokarbon dan senyawa organik lain. Dalam komponen  karbon aktif juga mengandung karbon terikat, sulfur, nitrogen, air dan abu. Nah, lantas kira-kira tahukah Kamu apa bahan baku karbon aktif tersebut?

               Karbon aktif masuk dalam kategori senyawa karbon amorf yang memiliki sifat hidrofobik. Selain itu densitas serta tingkat kekerasa karbon aktif juga berbeda-beda bergantung pada geseran atau tekanan tertentu. Perbedaan densitas serta kekerasannya sangat bergantung dari bahan baku karbon aktif tentunya.

               Karbon aktif mulai digunakan di Mesir sebagai salah satu metode pengobatan. Seterusnya perkembangan karbon aktif terus mendapat tanggapan positif hingga saat ini banyak yang menggunakannya untuk berbagai keperluan.

 

Bahan baku karbon aktif

               Bahan baku karbon aktif bisa terbuat dari pinus, kayu, batubara, tempurung kelapa dan lain sebagainya. Namun di Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan tempurung kelapa sebagai bahan baku karbon aktif yang dikomersialkan.

               Proses pembuatan karbon aktif prinsipnya membuka pori karbon arang yang awalnya hanya 2 meter persegi per gram menjadi 300 hingga 2000 meter persegi per gramnya. Untuk menjadikan bahan baku jadi arang aktif bisa ditempuh dengan dua cara yakni menggunakan reaksi oksidasi lemah memanfaatkan uap air dengan suhu 900 sampai 1000 derajat Celcius, dan yang kedua menggunakan cara dehidrasi yang memanfaatkan penggunaan garam atau bahan kimia.

               Dalam pembuatan karbon aktif, pemilihan bahan dasar sangat berpengaruh terhadap kualitas karbon. Ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi untuk bahan dasar ini antara lain bahan yang mudah didapat, bahan memiliki harga yang terjangkau, bahan memiliki unsur anorganik rendah, bahan mudah diaktivasi, dan bahan memiliki daya tahan yang baik.

               Kualitas bahan baku akan berpengaruh terhadap hasil dari karbon aktif itu sendiri. Pemilihan yang tepat akan berpengaruh terhadap densitas dan kekerasannya. Karbon aktif memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari dan saat ini juga menjadi material yang banyak dicari untuk digunakan pada industri pertambangan.

Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama