Apa Pengertian Tambang Emas Rakyat?

 

     Tahukah Kamu apa pengertian tambang emas rakyat? Tambang emas rakyat mulai bermunculan menjawab keresahan rakyat terkait kayanya Indonesia akan mineral dan logam mulia namun kebanyakan dari hasil bumi tersebut justru dikelola oleh perusahaan besar.

Disisi lain seringnya terjadi penambangan ilegal dari masyarakat juga kerap muncul sehingga mengancam keselamatan manusia dan alam sekitar akibat kurangnya pemahaman untuk prosedur pertambangan.

Sebelum beranjak ke pengertian tambang emas rakyat, perlu diketahui terlebih dulu jika di Indonesia kita mengenal dua jenis penambangan yakni legal dan ilegal. Penambangan ilegal kerap dilakukan masyarakat menggunakan teknologi tradisional namun kadang kurang acuh terhadap resiko keselamatan alam sekitarnya.

Beranjak dari pertambangan legal yang kian mendominasi serta para pelaku penambangan ilegal yang kian banyak, akhirnya muncul alternatif baru yakni pertambangan rakyat.

           Dalam pengertian tambang emas rakyat, kita bisa mengetahui bahwa tambang jenis ini, baik itu aktivitas ataupun pengelolaannya diberikan kepada rakyat. Diharapkan dengan ini masyarakat mampu memaksimalkan SDA yang tersedia. Dengan alternatif ini diharapkan penambangan ilegal berbahaya bisa diminimalisir.

         Jadi inti pengertian tambang emas rakyat adalah segala kegiatan penambangan yang mana didalamnya dikelola oleh rakyat dan hasilnya pun nanti jadi milik rakyat atau warga sekitar.

       Nah, lantas karena ini dikelola oleh rakyat maka sumber daya manusianya pun harus mumpuni juga. Ada banyak hal dan catatan yang nantinya harus dipelajari oleh para pengelola agar nantinya kegiatan pertambangan tidak membahayakan bagi lingkungan atau para pekerja itu sendiri.

      Perlu diketahui juga jika kegiatan penambangan logam bumi pada akhirnya akan menimbulkan zat bahaya seperti merkuri yang bahaya untuk kesehatan. Tak hanya itu medan pekerjaannyapun juga berat dan banyak bahaya. Oleh karena itu dalam pengelolaannya dibutuhkan sumber daya yang baik agar baik pekerja ataupun hasil bisa maksimal.

               Kedua yakni dari sumber pendanaan. Ketika membangun tambang dibutuhkan dana yang banyak sehingga dibutuhkan investor besar. Namun dalam urusan pendanaan pun sebagai pengelola tidak boleh asal-asalan dalam urusan pendanaan karena jika ada kesalahan bisa jadi tambang emas tersebut nantinya berubah menjadi milik perusahaan.

               Itulah sedikit ulasan pengertian tambang emas rakyat. Inti dari pengertian tambang emas rakyat adalah tambang emas yang dikelola dan hasilnya untuk rakyat.

Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama