Apa sih Soda Api/Caustik Soda itu ?

Kali ini saya akan menjelaskan apa sih yang dinamakan "Soda Api/Caustik Soda"

CAUSTIK SODA

       Soda api sering kali disebut dengan sodium hidroksida, soda kaustik atau alkali. Bahan ini umumnya digunakan dalam zat pembersih dan sabun. Pada suhu kamar, natrium hidroksida berupa padatan putih tidak berbau, sedangkan yang cair tidak berwarna dan tidak berbau. Senyawa NaOH dapat bereaksi dengan uap air dari udara dan dapat menghasilkan panas saat larut. Panas ini cukup untuk menyebabkan kebakaran jika berada di dekat bahan yang mudah terbakar.

       Oleh karena itu dengan sifatnya yang korosif, seperti dikutip dari Tennessee Government, soda api berguna karena kemampuannya mengubah lemak. Sehingga banyak digunakan untuk membuat sabun dan sebagai bahan utama dalam produk rumah tangga seperti pembersih saluran cair.

       Tak hanya sebagai bahan pembersih, sekitar 56 persen natrium hidroksida yang diproduksi juga digunakan oleh industri. Di antaranya dengan 25 persen digunakan di industri kertas. Beberapa manfaat lain senyawa ini adalah sebagai bahan bakar, daur ulang kertas, pengolahan bijih aluminium, pelapisan oksida, pengolahan kain katun, pengawetan, pereda nyeri, antikoagulan untuk mencegah penggumpalan darah, obat penurun kolesterol, dan pengolahan air.

       Di sisi lain, terdapat juga efek berbahaya dari natrium hidroksida jika Anda terkena kontak langsung dengan cairan ini. Kontak dengan natrium hidroksida yang berkonsentrasi sangat tinggi dapat menyebabkan luka bakar parah pada mata, kulit, sistem pencernaan atau paru-paru, mengakibatkan kerusakan permanen atau kematian. Sedangkan kontak dengan kulit dalam waktu lama atau berulang dapat menyebabkan dermatitis. Tak hanya itu, menghirup uap natrium hidroksida berulang kali dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen.

       Dengan sifatnya yang cukup berbahaya, maka sebelum membeli sebaiknya Anda meneliti baik-baik cara penggunaan dan manfaatnya seperti yang akan diulas pada artikel kali ini





Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama