Apa Kegunaan Caustic Soda Untuk Pengolahan Emas

    Soda api atau yang juga dikenal dengan caustic soda merupakan salah satu bahan kimia dengan banyak manfaat baik bagi kehidupan rumah tangga sehari-hari ataupun juga untuk keperluan industri. Tapi tahukah Kamu jika ternyata ada juga kegunaan soda api untuk pengolahan emas.

Penasaran? Berikut ulasannya.

 

Apa itu caustic soda atau soda api?

    Soda caustic merupakan bahan kimia yang dibentuk dari oksida basa natrium oksida NAoH yang kemudian dilarutkan dalam air. Soda api memliki sifat senyawa alkalin yang mana ketika dilarukan dalam air mampu memberikan fungsi yang kian kuat.

    Beberapa industri yang sering memanfaatkan soda api dalam kegiatan mereka antara lain industri kertas, detergen, cairan pembersih, kontruksi, dan industri pertambangan emas.

   Soda api masuk kategori berbahaya yang bersifat korosif. Ketika terkena kulit bisa membuat melepuh, panas atau perih.

    Oleh karena itu jika Kamu bekerja pada industri yang menggunakan soda api sebagai salah satu bahan bakunya, pastikan untuk melengkapi K3 milikmu. Minimal gunakan sarung tangan.

 

Kegunaan soda api untuk pengolahan emas

    Perlu diketahui jika penambang emas yang masih skala kecil terbiasa mengecek konsentrasi emas mereka dengan sluice boxes. Setelah itu menggunakan panning untuk memisahkan fisiknya.

    Emas yang nanti dihasilkan merupakan hasil ekstrak larutan klorin yang merupakan hasil dari campuran bleach dan pool acid. Sebelum mendapatkan emas, dalam prosesnya kita akan menemukan cairan pelindian dimana didalamnya masih terdapat emas yang bercampur dengan logam lainnya.

    Lantas bagaimana peran "soda api" dalam pengolahan emas? Soda api dibutuhkan saat proses pelepasan atau pemisahan. Ketika ini dibutuhkan soda api agar terbentuk air bercampur natrium klorida yang akan menghasilkan bubur. Dalam proses pelindian juga nantinya bubur disaring dan diolah kembali hingga menjadi mendapatkan bijih emas.

    Diatas merupakan sedikit ulasan kegunaan soda api untuk pengolahan emas. Saat ini banyak yang menjual soda api dipasaran, namun jika Kamu ingin mendapatkan yang berkualitas, pastikan memilih tempat jual soda api terbaik yang bisa dipercaya.

      Untuk pemesanan caustic soda kualitas terbaik dengan harga terjangkau bisa klik link ini


Kimiaku

Halo, Saya perwakilan dari KIMIAKU, yaitu agen resmi distributor bahan kimia emas dan air jika anda pengguna karbon aktif, soda api dan sebagainya bisa kontak kami ya terimakasih

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama